Elektronika dasar : Komponen Pasif

Elektronika dasar : Komponen Pasif

Komponen pasif adalah komponen elektronika yang tidak memerlukan arus listrik untuk beroperasi. Komponen pasif ini tidak bersifat menguatkan, menyearahkan dan mengubah suatu bentuk energi ke bentuk energi lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh komponen pasif :

Resistor adalah komponen dasar elektronika yang berfungsi sebagai penghambar arus dan tegangan dalam rangkaian elektronika. Satuan pengukuran resistor adalah Ohm (Ω). Nilai resistansi ini bisa dicari dengan menggunakan alat pengukur atau dengan cara membaca gelang pada resistor dengan ketentuan seperti gambar dibawah ini

1629342585resistor.png

Gambar 1. Cara membaca nilai resistor

Resistor diatas adalah contoh resistor jenis tetap. Artinya nilai resistor tidak dapat diubah dan nilainya sudah ditetapkan oleh pabrik. Selain resistor jenis tetap ada juga resistor tidak tetap (Variabel). Dengan resistor ini kita bisa mengubah nilai resistansinya dari nol hingga dengan batas maksimal resistor tersebut.

1629342585VR.png

Gambar 2. Variable Resistor

Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan energi dalam medan listrik dengan mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik. Walaupun bisa menyimpan energi namun jumlah yang disimpan hanya dalam jumlah yang sedikit. Satuan pengukuran kapasitor adalah Farad (F)

1629342579cap1.png

Gambar 3. Kapasitor

Jika dilihat dari kaki nya ada 2 jenis kapasitor yaitu :

Kapasitor Non Polar adalah kapasitor yang tidak memiliki kutub pada kakinya sehingga ketika pemasangan tidak masalah jika terbalik.

1629342579cap2.png

Gambar 4. Kapasitor Non Polar

Kapasitor Polar adalah kapasitor yang memiliki kutub pada kakinya sehingga ketika pemasangan harus disesuaikan kutubnya karena jika tidak maka akan menimbulkan kerusakan pada kapasitor. Salah satu ciri-ciri kapasitor polar adalah terdapat tanda pada kutub negatifnya.

1629342580cap3.png

Gambar 5. Kapasitor Polar

Induktor adalah komponen pasif yang berfungsi sebagai pengatur frekuensi, filter dan juga sebagai alat penyambung. Induktor banyak ditemukan pada peralatan yang berkaitan dengan frekuensi seperti tuner untuk pesawat radio. Satuan pengukuran untuk induktor adalah Henry (H).

1629342582ind.png

Gambar 6. Induktor

About us

1626145570header-bg.jpg
 
Selamat datang di INSTIPER Robotics Academy (IRA), INSTIPER Robotics Academy merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh INSTIPER untuk mendukung perkembangan civitas akademika dalam mengembangkan robot pada bidang pertanian. IRA dibentuk dengan tujuan untuk menghadapi salah satu tuntutan dari pendidikan 4.0, sekaligus mewujudkan New INSTIPER with Advanced Technology (NIwAT).

 

1626144074logo-in-section.png

Are you looking for