Elektronika dasar : Komponen Aktif

Elektronika dasar : Komponen Aktif

Komponen aktif adalah komponen elektronika yang memerlukan arus eksternal untuk dapat beroperasi.  Contoh komponen aktif antara lain :

Dioda adalah komponen aktif yang berfungsi untuk menghantarkan arus listrik ke satu arah dan menghambat arus listrik dari arah sebaliknya. Dioda terdiri dari dua elektroda yaitu anoda (kutub positif) dan katoda (kutub negatif). Arus akan mengalir apabila anoda diberi tegangan positif dan katoda diberi tegangan negatif.

Belajar 4 Fungsi Dioda Yang Wajib Anda Ketahui Dan Cara Kerjanya

Gambar 1. Dioda

Transistor adalah komponen aktif yang dipakai sebagai gerbang logika dari arus listrik sehingga arus dapat ditahan atau dilepas tergantung dengan kutub tegangan yang ada di gerbang logika.

Pengertian Transistor, Fungsi, Jenis, Simbol dan Cara Kerja - Chip Piko

Gambar 2. Transistor

Intergrated Circuit (IC) adalah komponen aktif yang terdiri dari gabungan dari transistor, resistro dan komponen lainnya yang diintegrasi menjadi sebuah rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil. IC memudahkan kita untuk merangkai rangkaian rumit dengan sedikit komponen. IC dapat dikelompokkan sesuai dengan fungsinya antara lain IC Pewaktu (Timer), IC Pembanding (Komparator), IC Gerbang Logika., IC Pengendali dan IC Penguat.

Pengertian IC (Integrated Circuit)

Gambar 3. IC

About us

1626145570header-bg.jpg
 
Selamat datang di INSTIPER Robotics Academy (IRA), INSTIPER Robotics Academy merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh INSTIPER untuk mendukung perkembangan civitas akademika dalam mengembangkan robot pada bidang pertanian. IRA dibentuk dengan tujuan untuk menghadapi salah satu tuntutan dari pendidikan 4.0, sekaligus mewujudkan New INSTIPER with Advanced Technology (NIwAT).

 

1626144074logo-in-section.png

Are you looking for