Sensor Proximity

Sensor Proximity

Proximity merupakan sensor jarak elektronik yang mampu mendeteksi objek benda tanpa adanya sentuhan fisik, dapat diartikan bahwa proximity merubah informasi berupa gerakan atau keberadaan objek menjadi data listrik berbentuk digital. Prinsip kerja sensor proximity sama dengan sensor no touch lainnya dimana sensor menggunakan bagian untuk mengirim data dan bagian penerima menerima data untuk mengukur jarak.

Sensor jarak proximity memiliki spesifikasi atau kemampuan dalam mengukur jarak, yang artinya ada jarak minimum dan maksimum untuk sensor mendeteksi objek. Batasan jarak ini kemudian disebut sebagai nominal range atau kisaran nominal. Pada smartphone sensor proximity memiliki batasa maksimum yang dapat dideteksi hanya beberapa milimeter hingga centimeter.

Pada beberapa perangkat yang lebih kompleks memang fungsinya digunakan untuk mendeteksi keberadaan objek yang cukup jauh. Pada beberapa jenis sensor proximity juga dilengkapi dengan fitur untuk mengatur nominal range dan report jarak objek yang dideteksi.

Pada awal perkembangannya sensor proximity digunakan untuk perang mendeteksi objek berbahaya. Beberapa perangkat juga di modifikasi agar dapat mendeteksi objek tertentu saja, misalnya benda-benda yang mengandung logam. Pada era sekarang sering berkembangnya teknologi sensor ini digunakan pada smartphone.

Pada bidang produksi dipabrik sensor proximity umum digunakan untuk mendeteksi keberadaan, kedekatan, posisi atau perhitungan jumlah pada mesin otomatis. Mesin yang menggunakan sensor proximity akan mudah dalam mengenali objek sehingga proses produksi bisa berjalan otomatis. Misalnya pada mesin kemasan, mesin percetakan, mesin percetakan plastik, mesin pengerjaan logam dan lain sebagainya.

Macam jenis sensor proximity

1. Inductive Proximity

Proximity Induktif adalah salah satu sensor jarak yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan logam, baik logam jensi ferrous mengandung unsur (Fe) dan karbon(C) maupun non-ferrous tidak memiliki kandungan besi. Jenis proximity induktif digunakan untuk mendeteksi keberadaan logam. Pada umumnya, sensor induktif terbuat dari kumparan atau koil dengan inti ferit, sehingga dapat menghasilkan medan elektromagnetik berfrekuensi tinggi. Sensor proximity jenis induktif ini dapat menghasilkan output berupa analog atau digital. Sensor jenis induktif ini sering digunakan untuk pengganti saklar mekanis karena mampu untuk dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi daripada saklar mekanis. Sensor jenis induktif juga lebih andal dan lebih kuat.

1634522044Inductive-proximity-sensor-working.jpg

Gambar 1. Prinsip Kerja Inductive Proximity

 

2. Capacitive Proximity

Proximity Capacitive adalah sensor jarak yang mendeteksi gerakan, komposisi zat kimia, tingkat dan komposisi cairan maupun tekanan suatu objek, kaca atau bahan dielektrik tinggi. Poximity jenis ini memungkinkan untuk mendeteksi banyaknya bahan melalui kaca, plastic atau kontainer lainnya. Pada dasarnya, prinsip kerja sensor jarak kapasitif mirip seperti sensor jarak induktif. Namun, kedua jenis sensor memiliki perbedaan yakni sensor induktif menghasilkan medan elektromagnetik, sedangkan sensor kapasitif menghasilkan medan elektrostatik. Medan elektrostatik ini dapat terjadi ketika dua benda masing-masing mempunyai muatan listrik yang berbeda dan tidak adanya pergerakan atau perubahan terhadap objek.

1634522050capacitive-proximity-sensor.png

Gambar 2. Prinsip Kerja Capacitive Proximity

 

3. Photoelectric Proximity

Proximity photoelectric merupakan sensor jarak dengan komponen yang berhubungan dengan cahaya. Komponen tersebut peka terhadap cahaya yang berfungsi untuk mendeteksi keberadaan objek. Sensor jarak photoelectric terdiri dari receiver cahaya dan transmitter berupa infrared.

1634522056sensorbasics_photoelectric_info_img_01_1547919.png

Gambar 3. Prinsip Kerja Photoelectric Proximity

 

Contoh Video:

 

Video 1. Prinsip Kerja Sensor Proximity pada Smarthphone

 

 

Video 2. Prinsip Kerja Sensor Proximity Pada Mesin Pabrik

About us

1626145570header-bg.jpg
 
Selamat datang di INSTIPER Robotics Academy (IRA), INSTIPER Robotics Academy merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh INSTIPER untuk mendukung perkembangan civitas akademika dalam mengembangkan robot pada bidang pertanian. IRA dibentuk dengan tujuan untuk menghadapi salah satu tuntutan dari pendidikan 4.0, sekaligus mewujudkan New INSTIPER with Advanced Technology (NIwAT).

 

1626144074logo-in-section.png

Are you looking for