Elektronika dasar  : Tegangan, arus, hambatan dan daya

Elektronika dasar : Tegangan, arus, hambatan dan daya

Di dalam elektronika kita akan mengenal beberapa istilah seperti tegangan, arus, hambatan, daya. Berikut ini adalah penjelasannya :

Tegangan listrik atau beda potensial adalah tegangan yang bekerja pada elemen atau komponen dari satu terminal/kutub ke terminal/kutub lainnya yang dapat menggerakkan muatan listrik. Satuan untuk tegangan adalah Volt (V)

Arus listrik adalah laju aliran muatan listrik yang melewati suatu titik atau bagian. Satuan untuk arus adalah Ampere (A). Arus listrik terbagi dalam 2 jenis yaitu Arus Searah (DC) dan Arus Bolak balik (AC). Arus searah atau disebut juga Directional Current (DC) adalah arus listrik yang bergerak secara searah saja. Sedangkan, Arus bolak balik atau disebut juga Alternating Current (AC) adalah arus listrik yang bergerak secara bolak balik.

Hambatan listrik adalah ukuran sejauh mana suatu objek menghambat aliran arus listrik. Satuan untuk hambatan adalah Ohm (Ω)

Daya listrik adalah jumlah energi yang diserap atau dihasilkan dalam sebuah rangkaian elektronika. Satuan untuk daya listrik adalah Watt

Keempat hal diatas saling berhubungan dan dapat dihitung secara matematis menggunakan rumus dibawah ini :

Teknik Elektronika Dasar - Edukasi Elektronika | Electronics Engineering  Solution and Education

About us

1626145570header-bg.jpg
 
Selamat datang di INSTIPER Robotics Academy (IRA), INSTIPER Robotics Academy merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh INSTIPER untuk mendukung perkembangan civitas akademika dalam mengembangkan robot pada bidang pertanian. IRA dibentuk dengan tujuan untuk menghadapi salah satu tuntutan dari pendidikan 4.0, sekaligus mewujudkan New INSTIPER with Advanced Technology (NIwAT).

 

1626144074logo-in-section.png

Are you looking for